Advertisement:
BAB III
PEMBAHASAN
Makalah Tentang Narasi Cerita Anak Terbaru
A. Pengertian
Narasi anak-anak yaitu narasi yang layak dikonsumsi oleh anak-anak. Diluar itu banyak beberapa pakar sastra mendeskripsikan pengertian narasi anak :
1. Salah satunya yaitu Titik W. S., dkk., (2013 : 89) menerangkan kalau “cerita anak-anak yaitu narasi simpel yang kompleks”.
2. Sarumpaet (203 : 108) memiliki pendapat narasi anak yaitu narasi yang ditulis untuk anak serta bicara tentang kehidupan anak serta seputar yang mempengaruh anak dan narasi itu cuma bisa di nikmati oleh anak dengan pertolongan serta pengarahan orang dewasa.
3. Puryanto (2008 : 7) Narasi anak yaitu memiliki kandungan topik yang mendidik, alurnya lurus serta tak berbelit-belit, memakai setting yang ada di sekitaran atau ada didunia anak, tokoh serta penokohan memiliki kandungan peneladanan yang baik, style bahasanya gampang dipahami namun dapat meningkatkan bhs anak, pojok pandang orang yang pas, serta imajinasi masih tetap dalam jangkauan anak.
4. Menurut Hunt (dalam Witakania, 2008) mendeskripsikan narasi anak sebagai buku bacaan yang di baca dengan cara spesial pas untuk memuaskan sekumpulan anggota yang saat ini dimaksud anak. Jadi narasi anak yaitu buku bacaan yang berniat ditulis untuk di baca anak-anak. Isi buku itu mesti sesuai sama ketertarikan serta dunia anak-anak, sesuai sama tingkat perubahan emosional serta intelektual anak, hingga bisa memuaskan mereka.
5. Tarigan (1995 : 5) mendeskripsikan kalau narasi anak yaitu buku yang meletakkan mata anak-anak sebagai pengamat paling utama, mata anak-anak sebagai fokusnya.
B. Tanda-tanda Narasi Anak
Dengan cara spesial Riris K. Toha-Sarumpaet (1976 : 29-32) menuliskan ada tiga ciri yang bisa membedakan narasi anak-anak dengan narasi dewasa, yaitu :
a. Unsur pantangan
Unsur pantangan adalah unsur-unsur yang terkait dengan sisi isi narasi yang berbentuk negatif yg tidak layak untuk di ketahui anak lantaran unsur-unsur itu bisa memengaruhi perubahan jiwa anak ke arah yg tidak baik.
b. Penyajian
Narasi anak-anak mesti dihidangkan dengan cara segera, tak berbelit-belit.
c. Manfaat terapan
Artinya, narasi anak-anak disusun dengan mengemban misi pendidikan, pengetahuan, perkembangan anak, serta pengalaman mengenai kehidupan.